Bitget App
Trading lebih cerdas
Beli kriptoPasarTradingFuturesEarnWeb3WawasanSelengkapnya
Trading
Spot
Beli dan jual kripto dengan mudah
Margin
Perkuat modalmu dan maksimalkan efisiensi dana
Onchain
Trading Onchain, Tanpa On-Chain
Konversi & perdagangan blok
Konversi kripto dengan satu klik dan tanpa biaya
Jelajah
Launchhub
Dapatkan keunggulan lebih awal dan mulailah menang
Copy
Salin elite trader dengan satu klik
Bot
Bot trading AI yang mudah, cepat, dan andal
Trading
Futures USDT-M
Futures diselesaikan dalam USDT
Futures USDC-M
Futures diselesaikan dalam USDC
Futures Koin-M
Futures diselesaikan dalam mata uang kripto
Jelajah
Panduan futures
Perjalanan pemula hingga mahir di perdagangan futures
Promosi Futures
Hadiah berlimpah menantimu
Ringkasan
Beragam produk untuk mengembangkan aset Anda
Earn Sederhana
Deposit dan tarik kapan saja untuk mendapatkan imbal hasil fleksibel tanpa risiko
Earn On-chain
Dapatkan profit setiap hari tanpa mempertaruhkan modal pokok
Earn Terstruktur
Inovasi keuangan yang tangguh untuk menghadapi perubahan pasar
VIP dan Manajemen Kekayaan
Layanan premium untuk manajemen kekayaan cerdas
Pinjaman
Pinjaman fleksibel dengan keamanan dana tinggi
CZ membahas tren Memecoin, Hyperliquid, dan memberikan saran kepada para pengusaha

CZ membahas tren Memecoin, Hyperliquid, dan memberikan saran kepada para pengusaha

ChaincatcherChaincatcher2025/11/05 11:44
Tampilkan aslinya
Oleh:原文编译 | 深潮 TechFlow

Kehidupan CZ setelah mengundurkan diri, refleksi diri, dan wawasan mendalam tentang masa depan industri kripto.

Terjemahan asli | Deep Tide TechFlow

 

Ringkasan Poin Penting

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Michael Jerome ini, pendiri Binance CZ (Changpeng Zhao) berbagi tentang perjalanan hidupnya setelah mengundurkan diri, refleksi selama masa penahanan, pemahaman baru tentang kekayaan dan tujuan hidup, serta wawasan unik tentang masa depan industri kripto, Memecoins, dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). Wawancara ini dipandu oleh ThreadGuy, CZ juga membahas siklus pasar Bitcoin berikutnya, kebangkitan pesat BNB Chain, lanskap persaingan DEX perpetual seperti Aster dan Hyperliquid, serta bagaimana pengembang muda dapat menemukan arah di industri kripto saat ini. Percakapan ini adalah jamuan pemikiran yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang tertarik pada kripto, teknologi blockchain, atau kewirausahaan.

Tanggal siaran: 11 Oktober 2025, beberapa data informasi mungkin mengalami keterlambatan.

Waktu Tweet Hyperliquid Jeff dan Pertemuan yang Terlewat

Pembawa acara: Banyak hal terjadi akhir-akhir ini, kita akan bahas satu per satu. Pagi ini saya bangun dan melihat Twitter penuh dengan tweet tentang Jeff. Sebenarnya apa yang terjadi? Semua orang membicarakannya. Anda me-retweet sebuah tweet dari 2018, menyebutkan grup yang diikuti Jeff. Hari ini Twitter sangat ramai. Bisa ceritakan kisah di baliknya?

CZ: Sejujurnya, saya tidak mengenal Jeff, juga tidak ingat pernah bertemu dengannya. Sebenarnya, saya tidak terlibat langsung dalam semua tim maupun proyek inkubasi Binance Season 1 Labs, jadi pengetahuan saya tentang Jeff terbatas. Awal tahun ini, Ella memberi tahu saya bahwa dia adalah anggota grup Season 1, dan bertanya apakah saya bersedia berbicara dengannya. Saya setuju, merasa bisa memahami situasinya. Namun, saya merasa dia tidak cukup siap untuk pertemuan itu. Kami tidak membahas transaksi apa pun, juga tidak ada niat kerja sama. Faktanya, proyek mereka sudah sangat matang, sedangkan kami lebih suka berinvestasi di proyek tahap awal. Kami ingin membantu proyek tumbuh dari nol melalui program inkubasi dan residensi. Jadi, pertemuan itu lebih seperti obrolan santai.

Sayangnya, karena saya salah mengatur alarm, saya ketiduran dan melewatkan pertemuan itu. Karena pertemuan itu sendiri tidak memiliki agenda jelas, kami juga tidak menjadwalkan ulang.

Pembawa acara: Apakah Anda menyesal melewatkan pertemuan itu?

CZ: Tidak, saya tidak menyesal. Pertemuan itu hanya beberapa bulan lalu, dan saat itu mereka sudah sangat sukses, valuasi proyeknya juga tinggi. Bagi kami, itu bukan lagi target investasi yang tepat. Kami tidak pernah cenderung melakukan akuisisi besar-besaran, sejauh ini akuisisi terbesar kami adalah CoinMarketCap, nilainya beberapa ratus juta dolar. Jadi, skala proyek mereka sudah di luar jangkauan investasi kami. Karena pertemuan itu tidak punya tujuan jelas, kami juga tidak menjadwalkan ulang. Mereka sibuk, saya juga sibuk, akhirnya berlalu begitu saja. Itu bukan pertemuan dengan niat transaksi, hanya obrolan biasa.

Kehidupan Setelah Binance dan Mencari Tujuan Hidup

Pembawa acara: Mulai sekarang, apa tujuan Anda? Anda jelas salah satu orang terkaya di dunia, juga pemimpin industri kripto. Sekarang, Anda baru saja melewati badai penahanan, kembali aktif di Twitter. Saya ingin tahu, apa tujuan Anda sekarang? Apa yang mendorong Anda terus maju?

CZ: Sejujurnya, saya tidak pernah terlalu peduli dengan uang. Kesuksesan seperti Binance datang terlalu cepat, sehingga saya sama sekali tidak mengalami proses akumulasi kekayaan secara bertahap, menikmati kekayaan itu. Sejak awal, kami sangat sibuk, hampir setiap hari menghadapi kejadian tak terduga, lalu berurusan dengan pemerintah AS, itu juga membawa tekanan besar.

Saya berasal dari keluarga biasa, tidak terlalu mengejar kehidupan mewah, kebutuhan hidup saya sederhana, asal barang bisa digunakan dengan baik sudah cukup. Pertumbuhan Binance sangat cepat, dari nol menjadi bursa kripto terbesar dunia hanya dalam lima bulan. Tujuh bulan kemudian, kami tampil di sampul Forbes, langsung dari nol ke sampul Forbes, rasanya sangat tidak nyata. Saya berpikir: "Ini beneran?" Tapi sebenarnya, saya tidak merasa hidup saya berubah. Saya tidak mencairkan kekayaan, saldo rekening bank saya juga tidak bertambah banyak. Memang, saya sedikit lebih kaya dari sebelumnya, tapi jauh dari skala miliaran yang orang katakan. Jadi, saya tidak mengalami proses akumulasi kekayaan secara bertahap.

Dalam hal yang ingin saya lakukan, saya tidak pernah merasa miskin. Saya pikir, saya tidak perlu membuktikan diri melalui kekayaan, jadi saya puas dengan identitas saya sebagai wirausahawan sukses, saya juga tidak perlu menjadi wirausahawan sukses beruntun, saya merasa sudah cukup baik. Meski dalam proses wirausaha saya pernah melakukan beberapa kesalahan, tapi tidak fatal. Saya tidak pernah menipu siapa pun, pengguna juga tidak pernah dirugikan. Sebaliknya, saya selalu berusaha melindungi pengguna kami, investor BNB, serta semua anggota tim yang memiliki saham di perusahaan. Saya pikir tim kami tampil sangat baik. Saya juga berusaha melindungi platform yang kami bangun bersama. Untuk kesalahan yang saya buat, saya berani bertanggung jawab dan menghadapinya dengan berani.

Selama di penjara, saya punya lebih banyak waktu untuk merenung tentang apa yang benar-benar penting. Sejujurnya, penjara membuat pikiran saya lebih jernih. Saya sadar, kesehatan adalah yang terpenting. Tanpa kesehatan, segalanya tidak ada artinya. Untungnya, di penjara saya tidak ada hal lain yang bisa dilakukan, jadi itu semacam "istirahat" paksa. Di sana, saya mulai berpikir: jika kehilangan segalanya, apa yang paling saya rindukan? Jawabannya adalah keluarga dan hubungan sosial. Soal lain, seperti makanan enak atau tempat tidur nyaman, memang dirindukan, tapi bisa diatasi, itu sekunder.

Sebelum masuk penjara, saya sudah sadar tidak bisa lagi mengelola Binance, tapi saya masih pemegang saham perusahaan. Saat itu saya berpikir: hal apa yang membuat saya bersemangat dan bahagia? Setelah berpikir matang, saya rasa, manusia mungkin memang diciptakan untuk membantu sesama. Ketika Anda bisa mengurus diri sendiri, membantu orang lain akan membuat Anda merasa lebih baik. Jika saya lapar, saya akan mengatasi rasa lapar saya dulu; jika saya kedinginan, saya perlu tempat berlindung. Tapi setelah kebutuhan dasar terpenuhi, membantu orang lain membuat saya puas dan bahagia.

Jadi, saya mulai berpikir, bagaimana bisa lebih baik membantu orang lain? Saat itu, saya sudah mengaku bersalah atas tuduhan federal AS, jadi saya tidak peduli reputasi saya rusak atau tidak. Meski begitu, saya tetap sangat peduli dengan kredibilitas saya. Saya tidak pernah menyakiti pengguna, juga tidak pernah menyakiti siapa pun. Saya juga tidak lagi mengejar kekuasaan, karena saya sudah mengundurkan diri dari Binance. Saya juga tidak tertarik pada uang, karena pengeluaran saya sangat sedikit, bahkan sebagian kecil dari kekayaan yang orang bilang saya miliki pun belum saya habiskan. Jadi, hal-hal itu tidak penting bagi saya.

Saya berharap, saat tua nanti, saya bisa dengan tenang berkata pada diri sendiri, saya sudah berusaha membantu orang lain. Itulah yang paling saya pedulikan sekarang. Saya ingin memberi dampak positif pada dunia. Jika kemampuan saya cukup tinggi, saya akan melakukan lebih banyak; jika terbatas, saya akan berusaha semampu saya. Saya pikir, pendidikan adalah bidang yang sangat potensial, karena bisa memengaruhi banyak orang. Jika kita bisa membangun platform pendidikan digital, sehingga semua orang bisa mendapat manfaat, itu akan sangat berarti.

Jadi, kami terus berusaha ke arah itu. Setelah keluar dari penjara, saya butuh beberapa bulan untuk menyesuaikan mental, pengalaman itu sangat memengaruhi saya. Beberapa bulan kemudian, saya kembali aktif di Twitter, berinteraksi dengan orang-orang. Saya juga meluangkan waktu bersama keluarga. Kemudian, saya sadar masih bisa terlibat dalam pengelolaan portofolio investasi, dan itu tidak ada hubungannya dengan Binance. Saya mulai terlibat di Binance Labs, dan memperjelas perbedaan merek. Sekarang saya sangat fokus pada pengembangan ekosistem BNB Chain, sekali lagi, ini tidak ada hubungannya dengan bursa terpusat. Saya akan berinvestasi di bidang ini, dan membantu orang lain.

Bagi saya, kesenangan terbesar sekarang adalah membantu pendiri lain meraih kesuksesan. Saya senang menjadi mentor, pendukung, atau peran apa pun bagi mereka. Itulah hidup dan tujuan saya sekarang.

Pelajaran dari Pengalaman Penjara dan Perubahan Prioritas

Pembawa acara: Mengingat posisi Anda di industri kripto dan pengalaman masa lalu, apakah Anda merasa bertanggung jawab untuk memengaruhi arah masa depan industri ini?

CZ: Saya tidak merasa seperti itu. Pertama, saya tidak merasa diri saya sepenting itu, saya rasa tidak ada individu yang bisa bertanggung jawab sendirian atas seluruh industri kripto. Industri ini adalah ekosistem yang menyesuaikan diri, mengalami masa surut ("musim dingin") dan siklus, tapi setiap kebangkitan selalu lebih matang dari sebelumnya. Jadi, saya yakin masa depan industri kripto cerah.

Meski saya tidak merasa sebagai pemimpin industri, saya memang ingin berkontribusi. Saya akan fokus pada bidang yang saya kenal, dan menggunakan pengaruh saya untuk mendorong perkembangan industri. Industri kripto adalah bidang yang paling saya pahami, juga tempat saya benar-benar bisa berperan. Jadi, sekarang saya banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan orang-orang di industri ini. Lingkaran sosial saya juga terutama di bidang ini, semua orang senang berdiskusi tentang kripto dengan saya.

Tentu saja, ada juga orang dari bidang lain yang mendekati saya, misalnya dari AI, seperti beberapa orang dari Facebook juga pernah berdiskusi dengan saya, tapi cara mereka berkomunikasi sangat berbeda dengan orang kripto. Di bidang bioteknologi, saat kami memutuskan berinvestasi, biasanya kami harus aktif menghubungi orang-orang terkait, karena saya tidak mengenal bidang itu.

Saya ingin terus berkontribusi untuk industri kripto, tapi saya tidak merasa bertanggung jawab atas seluruh industri. Tanggung jawab seperti itu terlalu berat. Saya pikir industri kripto punya banyak pelaku hebat, mereka juga mendorong perkembangan industri. Saya hanya salah satu kontributor, peran seperti itu membuat saya lebih santai dan nyaman.

Kondisi Industri Kripto dan Budaya On-chain

Pembawa acara: Twitter kripto, terutama budaya on-chain, tampaknya agak aneh. Misalnya, Bitcoin baru saja mencetak rekor tertinggi sepanjang masa, tapi hari ini turun beberapa persen. Namun, saat Anda menelusuri timeline Twitter, penuh dengan emosi negatif. Jika dilihat secara makro, sebenarnya banyak perubahan positif terjadi di industri kripto. Misalnya, pemerintahan Trump mulai menerima kripto, ETF Bitcoin, Solana, dan Ethereum ETF sudah diluncurkan, lembaga keuangan global utama juga mengadopsi stablecoin. Dari luar, kripto tampaknya sudah sangat sukses, bahkan meresap ke seluruh dunia.

Namun, budaya on-chain tampaknya agak stagnan, terutama demam meme coin meski masih ada, skalanya tidak sebesar dulu. Banyak orang bingung tentang arah perkembangan on-chain berikutnya. Bagaimana sikap optimis Anda terhadap masa depan budaya on-chain?

CZ: Saya setuju dengan pendapat Anda, masalah yang Anda sebutkan memang ada, tapi secara keseluruhan ini fenomena positif, karena artinya industri terus berkembang. Pada 2013 dan 2014, orang masih menyebut bidang ini sebagai "industri Bitcoin", fokusnya sepenuhnya pada Bitcoin, belum menyentuh kripto atau teknologi blockchain yang lebih luas. Pada 2017, kemunculan Ethereum membuka babak baru, juga melahirkan beberapa altcoin potensial.

Standar token ERC Ethereum mendorong munculnya ICO, jumlah proyek tumbuh pesat. Pertumbuhan ini menjadi fondasi ledakan industri tahun 2021, menghadirkan bidang inovatif seperti DeFi, NFT. Meski saat ini DeFi dan NFT kurang panas, keduanya tetap bagian penting industri. Sekarang, kita melihat lebih banyak ETF, stablecoin, dan produk keuangan lain diluncurkan, ini jelas sinyal positif perkembangan industri.

Seiring bertambahnya skala industri, fragmentasi internal juga makin jelas. Fragmentasi ini tidak hanya pada bidang teknologi berbeda, tapi juga pada kelompok pelaku dan distribusi geografis. Sebenarnya, fragmentasi ini hasil alami pertumbuhan industri.

Partisipasi luas lembaga juga mendorong perubahan industri. Seperti pemerintah, Wall Street, dan bank sentral berbagai negara mulai masuk pasar ini, membawa lebih banyak tipe pelaku. Keterlibatan lembaga keuangan tradisional menciptakan keseimbangan baru dengan pelaku libertarian di industri, dan saya sendiri berada di posisi tengah.

Sementara itu, pelaku baru terus masuk ke bidang ini, membawa lebih banyak pandangan dan suara. Industri kripto adalah ekosistem terdesentralisasi, menyambut semua orang untuk berpartisipasi. Keberagaman, perdebatan, persaingan, dan kolaborasi adalah ciri khas industri ini, juga pendorong perkembangannya.

Saya sudah terbiasa dengan kekacauan di bidang baru seperti ini. Saya selalu terbuka terhadap industri ini, jadi saya pikir keberagaman dan dinamika ini adalah hal positif. Kita harus berusaha mendukung setiap orang, berkontribusi untuk perkembangan industri yang berkelanjutan.

Pembawa acara: Sekitar lima bulan lalu Anda menyebut di podcast Ferox, Anda memprediksi harga Bitcoin bisa di kisaran 500 ribu hingga 1 juta dolar. Apakah Anda masih yakin dengan prediksi itu?

CZ: Saya masih menganggap prediksi itu masuk akal. Tentu saja, saya harus akui, prediksi harga sendiri tidak bisa diandalkan. Sejujurnya, tidak ada yang bisa memprediksi pergerakan harga dengan akurat, termasuk saya. Saya sudah berdiskusi dengan banyak pelaku industri, mereka juga tidak punya jawaban pasti. Prediksi harga lebih merupakan opini pribadi.

Tapi jika kita melihat siklus empat tahun dalam sejarah, biasanya setiap empat tahun, harga Bitcoin akan mencapai puncak antara Oktober hingga Desember. Berdasarkan pola ini, dan performa pasar saat ini, saya tetap optimis pada masa depan Bitcoin.

Saat ini Bitcoin mendekati titik tertinggi sepanjang masa, meski kadang ada fluktuasi 1% hingga 2%, tapi bagi mereka yang sudah 11 tahun di industri, fluktuasi seperti ini hal kecil. Bitcoin pernah turun 50% dalam sehari, lalu naik 50% keesokan harinya. Dalam jangka panjang, fluktuasi seperti ini sangat normal dalam perspektif industri kripto.

Perbandingan BNB Chain dan Solana

Pembawa acara: Saya rasa banyak penonton mungkin pertama kali mengenal kripto lewat demam meme coin di Solana tahun 2024, kebangkitan AI, dan dalam sebulan terakhir, mereka mungkin baru pertama kali berinteraksi lebih banyak dengan BNB Chain. Bagaimana Anda melihat posisi BNB Chain di industri kripto tahun 2025? Bagaimana perannya dibandingkan chain dan infrastruktur lain?

CZ: Ya, dalam ekosistem blockchain saat ini, Bitcoin masih chain terbesar, tapi kurang bisa diprogram, juga tidak punya smart contract, sehingga fungsinya terbatas. Jaringan Bitcoin dan Ethereum karena jumlah pengguna besar, sudah hampir jenuh, ini juga sebab biaya transaksi tinggi.

BNB Chain sudah berkembang cukup lama, saat ini terdiri dari tiga chain utama: Greenfield untuk penyimpanan, BNB Smart Chain yang mendukung EVM smart contract, dan opBNB berbasis Layer 2. Selain itu, ada beberapa chain baru yang sedang dikembangkan dengan arsitektur teknologi berbeda. Secara umum, BNB Chain lebih fokus pada utilitas dan likuiditas transaksi, karena ini terkait erat dengan latar belakang kami.

Dari sisi komunitas dan pengguna, pengguna BNB Chain relatif stabil. Sebaliknya, Solana adalah chain yang sangat kuat, tapi saat ini lebih seperti chain yang didominasi meme coin. Meski Solana punya potensi berkembang lebih jauh, saat ini komunitasnya banyak trader meme coin, dan belakangan aktivitas meme coin di Solana menurun.

Sementara itu, aktivitas di BNB Chain meningkat. Dalam seminggu terakhir, kami melihat banyak pengguna Solana beralih ke BNB Chain, ini sinyal positif. Dari umpan balik komunitas, pengguna BNB Chain lebih suka memegang token jangka panjang, bukan mengejar volatilitas harian.

Tentu saja, setiap chain punya perbedaan signifikan. Misalnya, beberapa proyek blockchain di AS meski volumenya kecil, tapi memakai teknologi menarik seperti Move blockchain. Ini menunjukkan industri masih tahap awal, masih banyak ruang berkembang.

Pembawa acara: Meski begitu, Solana dan aktivitas on-chain-nya memang cerita penting di siklus saat ini. Apakah Anda pikir BNB bisa melampaui dan mempertahankan posisi dominan dalam aktivitas on-chain dan meme coin?

CZ: Saya pikir itu mungkin. Dalam beberapa minggu terakhir, aktivitas meme coin di BNB Chain memang melampaui Solana. Saya tahu, saat ini ada lima meme coin di BNB Chain dengan kapitalisasi pasar 100 juta hingga 500 juta dolar, sementara di Solana belum ada kasus serupa, performa Solana beberapa minggu terakhir mungkin terpengaruh.

Tapi, saya tidak menganggap persaingan antar blockchain adalah zero-sum game, setiap chain punya latar belakang sejarah unik. Misalnya, perkembangan Solana sangat terkait dengan FTX, dan kejatuhan FTX sangat berdampak pada tim Solana. Meski begitu, Solana sudah pulih dengan luar biasa.

Namun, dalam proses pemulihan, ekosistem mereka kehilangan dukungan bursa. Selain itu, lingkungan regulasi saat ini juga menantang seluruh industri. Di bawah pemerintahan Biden dan Ketua SEC Gary Gensler, banyak token utilitas menghadapi risiko gugatan sekuritas, termasuk BNB dan token lain.

Jika sebuah proyek mencoba meluncurkan produk dengan utilitas nyata, bisa menghadapi tekanan hukum dari SEC. Sementara meme coin karena jelas menyatakan "tidak punya nilai atau utilitas", biasanya bisa menghindari masalah ini. Karena itu, beberapa proyek Solana mungkin lebih memilih strategi "murni hype". Misalnya, ada platform bernama Pump, saya pikir jika platform serupa muncul di ekosistem kami, akan menimbulkan banyak masalah, meski saya tidak terkait langsung dengan platform itu.

Ini juga menjelaskan kenapa meme coin tidak banyak muncul di berbagai blockchain. Meski begitu, selama Solana tetap cepat, efisien, dan didukung teknologi bagus, saya pikir tetap layak diperhatikan. Tapi, saat ini fokus saya lebih pada ekosistem BNB Chain. Proyek portofolio dan wallet kami mendukung Solana maupun BNB Chain.

Strategi investasi kami terbuka, tapi jelas saya menghabiskan lebih banyak waktu dan energi di ekosistem BNB Chain. Kami berkomitmen mendukung inovasi, membantu pendiri mendorong perkembangan proyek. Saat ini, ekosistem BNB Chain sangat aktif, meski setiap hari menghadapi tantangan, secara keseluruhan saya sangat yakin pada perkembangannya.

Pandangan CZ tentang Memecoins yang Berubah

Pembawa acara: Saya perhatikan komentar Anda tentang Solana, juga melihat infrastruktur BNB Chain tampaknya mengalami perubahan serupa, terutama dalam standar Launchpad. Anda pernah beberapa kali secara terbuka di 2024 menyatakan sikap dingin terhadap meme coin, misalnya di podcast menyebut Anda bukan penggemar berat meme coin. Tapi belakangan, sikap Anda terhadap meme coin tampak lebih positif. Apa alasan di balik perubahan ini?

CZ: Pertama, saya ingin klarifikasi, saya tidak menentang meme coin. Saya tidak pernah secara tegas menyatakan menentang, hanya saja secara pribadi saya tidak terlalu antusias. Ini tidak berarti saya tidak mendukung perkembangannya. Faktanya, saya bukan pencipta meme coin, juga bukan trader NFT. Saya belum pernah membeli NFT, bahkan investasi di altcoin juga sangat terbatas. Kepemilikan utama saya hanya Bitcoin dan BNB, itu aset yang saya pegang jangka panjang. Saya tidak sering berinvestasi di proyek blockchain lain, tapi saya selalu mendukung perkembangan ekosistem semua blockchain.

Saya bekerja sama erat dengan banyak pengembang blockchain, mendukung pembangunan proyek mereka. Meski saya pribadi tidak membeli meme coin, itu tidak menghalangi saya mendukung pertumbuhan ekosistem ini. Jika ada pengguna yang sukses di blockchain lain, saya juga akan memberikan dukungan dana untuk proyek di bidang terkait. Misalnya, saya akan berinvestasi pada tim yang fokus mengembangkan platform dan infrastruktur.

Setiap hari saya menerima banyak permintaan proyek, misalnya ada yang mengembangkan proyek Launchpad baru, stablecoin, atau platform perdagangan meme coin. Jika saya pikir timnya punya potensi, saya akan berusaha mendukung pekerjaan mereka.

Saya hanya berpikir jika meme coin masuk ke BNB Chain, kita harus menyambutnya, sekaligus mengoptimalkan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhannya. Meme coin menuntut blockchain untuk update cepat dan pemrosesan informasi real-time. Kebutuhan ini menantang kemampuan teknis infrastruktur. Sampai sekarang, saya pribadi belum pernah berinvestasi langsung di meme coin. Saya pernah mencoba membeli beberapa meme coin, hanya untuk belajar, bukan untuk untung. Saya bukan tipe investor yang ingin untung sepuluh kali lipat dalam waktu singkat, itu bukan gaya saya.

Pembawa acara: Infrastruktur dan teknologi BNB Chain, khususnya untuk meme coin, sudah berkembang pesat. Saya sendiri sudah banyak bertransaksi terkait, pengalamannya sangat baik. Jika tren ini berlanjut, menurut Anda seberapa besar aktivitas meme coin di BNB Chain bisa berkembang? Karena performa bulan lalu mengejutkan banyak orang.

CZ: Ini sulit diprediksi, karena siklus hidup meme coin sangat cepat berubah. Beberapa meme coin bisa cepat booming, misalnya Doge adalah contoh yang bertahan lama. Tapi di saat yang sama, setiap hari ada jutaan meme coin baru diciptakan.

Saya tidak berada di "garis depan pasar", jadi saya bukan orang terbaik untuk memprediksi skala dan pertumbuhan pasar. Saya lebih fokus membangun infrastruktur untuk mendukung aktivitas ini. Saya bukan investor yang sering trading, saya lebih suka memegang jangka panjang.

Latar belakang saya adalah pembangun teknologi, saya ingin membangun alat yang efisien untuk membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Saya melihat banyak anak muda penuh semangat, kemampuan teknis mereka sangat kuat, saya ingin mendukung mereka mendorong perkembangan teknologi blockchain lebih lanjut.

Kebangkitan Memecoins Bertema Tiongkok

Pembawa acara: Belakangan, banyak meme coin bertema Tiongkok muncul di BNB Chain, fenomena ini menarik perhatian luas komunitas Barat. Bagaimana Anda melihat kebangkitan koin-koin ini?

CZ: Saya pikir fenomena ini murni kebetulan, benar-benar terjadi secara acak. Februari tahun ini, saya pertama kali mencoba trading meme coin lewat blockchain, saat itu saya pakai Trust Wallet. Antarmuka wallet ini sederhana, saya juga cukup familiar dengan penggunaan private key, jadi saya pikir tidak akan sulit. Namun, kenyataannya di luar dugaan — saya kena serangan MEV (Maximum Extractable Value), transaksi gagal. Ini kemudian jadi bahan lelucon, karena semua orang menertawakan ketidaktahuan saya soal transaksi seperti ini. Tapi, pengalaman itu banyak mengajarkan saya, meski jumlah uangnya tidak banyak, mungkin hanya 50 atau 100 dolar.

Seiring waktu, percobaan saya mulai menarik perhatian komunitas. Terutama saat saya memposting tweet terkait DOGE, semua orang mulai tertarik pada anjing peliharaan saya dan meme terkait anjing. Lalu, saya sadar apapun yang saya tweet atau gambar, akan diubah komunitas jadi meme. Untuk beberapa waktu, saya bahkan jadi sangat hati-hati, takut sembarangan posting. Tapi kemudian saya sadar itu terlalu membatasi, jadi saya memutuskan untuk bebas saja, posting sesuka hati. Jika komunitas ingin mengubah konten saya jadi meme, silakan saja. Lama-lama, interaksi seperti ini jadi bagian dari budaya meme coin di BNB Chain, dan banyak pesertanya adalah pengguna Tiongkok.

Co-founder Binance, He Yi, kemampuan bahasa Mandarinnya sangat kuat, juga pandai menulis puisi, sangat artistik. Dia pernah membalas tweet tentang bias hidup, tweet itu kemudian juga diubah jadi meme. Awal minggu ini, saya posting tweet tentang Festival Pertengahan Musim Gugur, mengucapkan selamat hari raya. Lalu, saya hapus tweet itu, ganti dengan "Selamat Festival Pertengahan Musim Gugur, kirimkan meme terbaik kalian". Awalnya saya hanya ingin komunitas ikut serta, menambah keseruan. Tapi karena Festival Pertengahan Musim Gugur adalah hari raya tradisional Tiongkok, meme yang dibuat komunitas semua bertema Tiongkok, seperti kue bulan, bulan, dan sebagainya.

Nama meme coin ini juga penuh nuansa Tiongkok. Misalnya, ada yang mengubah nama saya jadi versi feminin untuk bercanda, kreativitas seperti ini hanya bisa dipahami orang yang mengerti Mandarin. Seiring interaksi komunitas makin sering, partisipasi pengguna Tiongkok juga cepat meningkat, popularitas koin-koin ini pun melonjak. Semua ini berkembang secara alami, bukan hasil rencana sebelumnya.

Analisis Kebingungan atas Demam Meme

Pembawa acara: Belakangan, saya terus memakai Google Translate untuk mencoba memahami apa yang sebenarnya terjadi di balik demam meme coin di BNB Chain. Salah satu proyek kontroversial bernama Meme Rush, memakai mekanisme khusus: hanya setelah KYC, pengguna bisa membeli token proyek ini lewat obligasi dengan valuasi di bawah 1 juta dolar, sehingga pengguna AS tidak bisa langsung ikut serta. Meski saya tidak yakin Anda bisa mengungkap banyak, saya ingin bertanya, apa tujuan meluncurkan proyek seperti Meme Rush?

CZ: Saya tidak terlibat dalam proyek Meme Rush, saya juga baru tahu kemarin. Saat itu komunitas penuh diskusi, banyak orang bertanya: "Sebenarnya ini apa?" Saya bahkan tidak tahu namanya Meme Rush. Sampai saya melihat info terkait, baru sadar proyek ini ada masalah. Tapi, saya tidak terlalu memperhatikan, karena saya tidak mengelolanya, juga tidak aktif mencari tahu detailnya. Saya biasanya membiarkan komunitas mengembangkan proyek sendiri, tanpa intervensi langsung.

Saya tahu proyek ini saat saya terbang ke Bahrain untuk konferensi. Hari itu saya berangkat pagi-pagi, lalu bertemu gubernur bank sentral setempat, juga ikut diskusi panel di panggung. Sepanjang hari sibuk konferensi, saya lihat komunitas sudah mulai menuduh saya "menjual koin palsu", itu membuat saya sangat bingung. Setelah saya akhirnya paham situasinya, pasar sudah mengalami fluktuasi, tapi belum benar-benar runtuh. Ini juga menunjukkan risiko meme coin — mereka tidak punya penopang harga, volatilitasnya sangat tinggi. Beberapa hari terakhir harga meme coin naik cepat, lalu turun drastis, itu sangat mengejutkan saya.

Pembawa acara: Selanjutnya saya ingin bertanya soal meme coin. Awalnya saya ingin bertanya perbedaan BNB Chain dan Solana, tapi saat membaca tweet saya menemukan Frank D. Gods mengemukakan pandangan menarik. Dia bilang BNB Chain punya keunggulan unik, karena punya ekosistem vertikal lengkap: meme coin bisa mulai dari Launchpad, lalu listing di Aster, jika sukses bisa masuk Binance Alpha, lalu ke Binance Spot.

Apakah desain ekosistem seperti ini memang disengaja? Apakah Anda pikir ini membuat aktivitas di BNB Chain lebih hidup?

CZ: Pertama, ini sama sekali bukan hasil desain sengaja. Dalam enam setengah tahun terakhir, saya fokus pada urusan bursa terpusat, tidak pernah sengaja merancang ekosistem BNB Chain. Semua perkembangan ini hasil evolusi alami. Lalu, saya memutuskan tidak lagi menghabiskan waktu di bursa terpusat, lalu saya harus fokus di mana?

Saya mulai fokus pada hal-hal terdesentralisasi, saya pikir Binance Exchange adalah keunggulan besar, tapi ini bukan berarti Binance hanya akan listing proyek atau token BNB Chain. Sebaliknya, ekosistem Solana mungkin lebih eksklusif. Misalnya, wallet Phantom hanya mendukung Solana, tidak mendukung BNB Chain. Sementara Trust Wallet mendukung banyak blockchain, termasuk BNB dan Solana. Jadi, ekosistem BNB Chain sebenarnya lebih terbuka.

Saat pengguna Solana ingin bridge ke BNB Chain, mereka bisa pakai Trust Wallet, bukan Phantom. Selain itu, platform seperti Radium juga hanya mendukung Solana. Jadi, dalam arti tertentu, ekosistem lain lebih eksklusif. Sementara BNB Chain karena keterkaitannya dengan Binance, membuat lebih banyak pengguna memegang BNB, ini juga memperkuat konsistensi komunitas. BNB Chain memang punya keunggulan, tapi bukan ekosistem tertutup.

Perbandingan Hyperliquid dan Aster

Pembawa acara: Saat membahas meme coin, saya juga melihat tren penting lain yaitu bangkitnya exchange khusus. Soal Aster, saya ingin mulai dari satu pertanyaan: kenapa exchange perp (perpetual) begitu menonjol di bidang kripto? Menurut Anda, apa alasan Hyperliquid bisa sukses di awal?

CZ: Pertama, exchange perp bukan konsep baru. Sebenarnya, sebelum dydx sudah banyak proyek serupa. Namun, Hyperliquid unggul dalam keterlacakan transaksi dan pemanfaatan liquidity pool, juga pemasaran mereka sangat sukses, menarik order besar seperti James Wayne. Faktor-faktor ini bersama-sama mendorong kesuksesan awal mereka.

Tapi, saya pikir kebutuhan trader akan privasi selalu penting. Dari diskusi saya dengan trader Wall Street, mereka biasanya tidak ingin order mereka dipublikasikan secara real-time, bahkan setelah transaksi selesai pun tidak ingin info order dilihat orang lain. Karena info itu bisa digunakan untuk reverse engineering algoritma mereka, sehingga strategi mereka bisa diserang. Jadi, transparansi transaksi tidak selalu menguntungkan. Ini pelajaran penting dari pengalaman 20 tahun saya di Wall Street, kripto, dan bursa terpusat. Awal Juni tahun ini, saya pernah tweet soal ini, hari itu juga saya terima lebih dari 30 proposal terkait. Aster mengajukan solusi, bisa menyembunyikan order, jadi kami putuskan berinvestasi di proyek ini.

Pembawa acara: Lalu, menurut Anda seberapa besar potensi pasar exchange perp? Syarat apa yang harus dipenuhi agar mereka sukses?

CZ: Saya pikir ada dua faktor kunci. Bagi pengguna baru kripto, biasanya mereka memilih CEX, karena platform ini menyediakan login email, perlindungan password, serta layanan pelanggan, bukan meminta pengguna mengelola private key atau menghadapi masalah teknis seperti MEV (Maximum Extractable Value). Selain itu, antarmuka CEX lebih ramah, pengalaman lebih baik untuk pemula. Saat ini, basis pengguna CEX belum jenuh — lebih dari 90% orang di dunia belum masuk kripto. Saat mereka pertama kali masuk pasar, biasanya memilih CEX.

Namun, seiring waktu, DEX mulai menawarkan produk inovatif, seperti akses token tahap awal. Dalam jangka panjang, saya yakin dalam 20, 30, atau 50 tahun ke depan, perdagangan kripto akan sepenuhnya pindah ke on-chain. Tapi sebelum itu, kecepatan masuknya pengguna tradisional akan memengaruhi proses ini. Bursa terpusat akan terus berbenah, sementara DEX juga perlahan menarik lebih banyak pengguna. Meski begitu, bursa terpusat tetap penting karena jalur fiat, kerja sama bank, dan dukungan regulasi. Transformasi ini bisa butuh puluhan tahun atau lebih lama.

Pembawa acara: Jadi pengguna biasanya mulai dari bursa terpusat, lalu mendalami kripto, akhirnya beralih ke DEX. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan Aster agar benar-benar melampaui Hyperliquid?

CZ: Itu tergantung waktu dan arah perkembangan, saya pikir posisi dan use case keduanya sudah berbeda. Hyperliquid lebih cocok untuk pengguna yang ingin transaksi sepenuhnya terbuka, sedangkan Aster fokus menyediakan privasi tertentu. Selain itu, Aster lebih baik dalam mendukung deposit aset native, misalnya memungkinkan pengguna trading dengan token native Solana, dan mendukung lebih banyak blockchain. Keterbukaan ini membuat Aster unggul di beberapa aspek.

Perlu dicatat, Aster dan Hyperliquid sama-sama proyek baru, belum dua tahun berkembang. Aster sebenarnya turunan dari ApolloX, jadi punya sedikit sejarah, tapi keduanya masih tahap awal. Persaingan ke depan mungkin akan muncul pemain baru, jadi nomor satu di pasar tidak selalu berarti bisa terus memimpin. Kadang, pemain belakangan bisa belajar lebih cepat dan menyalip.

Pembawa acara: Ini mengingatkan saya pada kasus OpenSea. Jadi, apakah Hyperliquid mungkin menambah fitur privasi? Jika mereka lakukan itu, apakah akan memengaruhi posisi pasar Aster?

CZ: Tentu, saya akan menyarankan mereka melakukannya. Tapi, persaingan exchange tidak hanya bergantung pada satu fitur. Seiring waktu, setiap exchange akan meluncurkan fitur dan konsep masing-masing, visi pendiri juga berbeda. Mereka akan saling meniru, sekaligus terus berinovasi. Selain itu, perlindungan pengguna, penanganan error, dan arsitektur teknologi juga sangat penting.

Ke depan, exchange ini mungkin akan bermigrasi ke blockchain L1, dan setelah migrasi, pilihan teknologi, daya tarik ekosistem, dan lain-lain akan menentukan perkembangan jangka panjang. Jadi, persaingan tidak hanya soal satu fitur. Tahap sekarang baru awal perkembangan mereka, masih banyak kemungkinan di masa depan.

Bagaimana DEX Bersaing dengan CEX

Pembawa acara: Belakangan ada kontroversi, Defi Llama menghentikan pelacakan Aster. Alasannya, volume transaksi Aster melonjak, sementara Defi Llama tidak bisa memastikan mana volume transaksi nyata, mana transaksi palsu atau wash trading. Sebelum masalah teratasi, mereka putuskan menghentikan pelacakan.

Menurut Anda, indikator terpenting untuk mengukur keberhasilan exchange perp apa? Indikator apa yang harus diperhatikan orang untuk menilai DEX perp mana yang lebih baik?

CZ: Ini bukan masalah yang bisa diukur dengan satu indikator. Jika harus memilih satu indikator kunci, itu adalah gabungan jumlah pengguna dan volume transaksi. Ini sudah lama jadi bahan diskusi. Bahkan bursa terpusat juga menghadapi masalah serupa, misalnya bagaimana mencegah wash trading.

Dari sudut pandang exchange, menilai apakah transaksi bernilai tergantung pada pembayaran fee. Jika transaksi tanpa fee, itu lain cerita. Sementara airdrop adalah kasus lain: pengguna mungkin sering trading demi airdrop, insentif seperti ini memang mendorong volume transaksi. Tapi apakah transaksi seperti itu bermakna, tergantung kasusnya, ini sangat subjektif.

Bagi Defi Llama, mereka bisa langsung menyebut ada airdrop, jadi pengguna bisa paham sebagian volume didorong oleh airdrop. Sebenarnya, airdrop sangat umum di banyak proyek, misalnya Hyperliquid dan Aster juga pernah mengadakan aktivitas serupa. Jadi, volume transaksi bisa dipengaruhi airdrop, jumlah pengguna, dan jumlah alamat. Perlu dicatat, DEX tidak punya akun tradisional, hanya alamat. Satu bot bisa dengan mudah membuat ribuan alamat, ini membuat statistik jumlah pengguna jadi lebih rumit.

Pada akhirnya, pengguna akan memilih exchange yang memberi pengalaman trading terbaik. Biasanya itu termasuk platform dengan likuiditas terbaik, biaya transaksi terendah, serta lingkungan paling stabil dan aman. Itulah faktor inti yang benar-benar diperhatikan pengguna, aspek lain relatif sekunder.

Pembawa acara: Jadi, bagaimana Anda mendefinisikan "volume transaksi nyata"? Apakah ada standar jelas? Apa sebenarnya makna konsep ini?

CZ: Soal ini, saya punya pandangan sendiri. Bagi kebanyakan pengguna, jika mereka ingin membeli token senilai 1.000 dolar, dan token itu bisa diperdagangkan di dua exchange, pengguna mungkin memilih beli 500 dolar di masing-masing platform. Lalu, mereka bisa membandingkan performa kedua exchange, misalnya berapa token yang didapat, serta biaya yang dipotong saat ditarik ke wallet.

Sikap CZ terhadap All-in Bitcoin

Pembawa acara: Anda punya kisah terkenal — lebih dari sepuluh tahun lalu, setelah menemukan Bitcoin Anda berhenti kerja, menginvestasikan semua aset, bahkan menjual rumah, benar-benar all-in di bidang ini. Tapi kini transaksi on-chain sangat berbeda, rata-rata waktu kepemilikan hanya 17 detik, lebih banyak orang suka trading meme coin, hampir tidak ada yang mau memegang aset jangka panjang. Anda pernah all-in, menginvestasikan seluruh kekayaan di Bitcoin, dan menulis bahwa Anda memegang dua hingga tiga tahun, sampai harga Bitcoin akhirnya naik. Bagaimana Anda membangun keyakinan seperti itu pada Bitcoin?

CZ: Sebenarnya ini proses bertahap. Saya butuh sekitar enam bulan untuk benar-benar memahami Bitcoin. Pertama kali saya mengenal Bitcoin Juli 2013, sampai Desember tahun itu, saya akhirnya sadar teknologi ini akan mengubah masa depan. Keyakinan seperti ini butuh waktu. Bagi saya, ini bukan sekadar keputusan investasi, tapi pilihan hidup. Saya tidak berpikir untuk beli Bitcoin, lalu untung dalam beberapa hari, minggu, atau bulan lalu keluar. Saya memilih Bitcoin karena saya percaya itu mewakili masa depan.

Mengingat era internet, saya dulu melewatkan banyak peluang. Saat itu saya baru lulus kuliah, sekarang saya 35 tahun, 15 tahun lagi saya 50 tahun. Saya sadar, jika tidak memanfaatkan peluang ini, saya mungkin akan melewatkan lagi teknologi yang mengubah masa depan. Kini, AI jadi topik panas, tapi saya sudah 48 tahun, merasa mungkin terlalu tua untuk benar-benar terlibat. Tapi saat itu saya 35 tahun, ini waktu yang sangat tepat. Saya beruntung bisa menemukan Bitcoin, dan menyadari potensinya.

Begitu Anda punya visi jelas tentang masa depan, investasi Bitcoin bukan sekadar untuk untung jangka pendek, saya masuk karena yakin pada masa depan industri ini. Saya sendiri orang teknis, juga programmer, jadi saya sangat tertarik pada teknologi dan filosofi Bitcoin. Jika saya memutuskan terjun di bidang ini, saya harus all-in. Saat itu saya tidak punya banyak uang tunai, jadi saya berhenti kerja, jual rumah, benar-benar all-in.

Banyak orang menganggap keputusan seperti itu sangat berisiko, tapi bagi saya, saya punya rencana cadangan jelas. Jika Bitcoin jadi nol, saya bisa cari kerja IT lagi, dapat gaji enam digit, hidup tetap baik. Jadi, meski saya ambil risiko finansial besar, rencana cadangan saya sangat solid.

Setelah saya beli Bitcoin, harganya turun dua tahun berturut-turut, itu memang menyakitkan. Saya terus bertanya pada diri sendiri, apakah saya salah, atau orang lain belum sadar nilainya? Tapi saya tetap tidak mau jual Bitcoin, karena saya percaya masa depannya. Jika saya jual, lalu mau apa? Jadi saya bertahan sekitar 18 bulan.

Kemudian, harga Bitcoin mulai naik lagi. Setelah Anda melewati siklus harga pertama, fluktuasi berikutnya jadi lebih mudah diterima. Saya beli di bear market 200 dolar, sekarang harganya sudah 3.000 dolar. Ada yang bertanya: "Kamu mengeluh apa?" Sekarang, saat harga turun dari 120.000 dolar ke 115.000 dolar, orang mulai khawatir. Saya pikir ini soal pemahaman siklus yang berbeda.

Pembawa acara: Kapan Anda mendapat satu juta pertama?

CZ: Sekitar tahun 2017, saat harga Bitcoin naik. Sebenarnya, itu sebelum Binance.

Pembawa acara: Di mana Anda bekerja tahun 2016 dan 2017?

CZ: Saat itu harga Bitcoin terus naik, saya tidak sengaja menghitung hasilnya. Selain itu, perusahaan saya BJ Tech bisnis B2B-nya juga stabil, sudah dalam kondisi financial freedom.

Pembawa acara: Siapa orang paling berbakat yang pernah Anda ajak kerja sama atau kompetisi?

CZ: Saya pernah bekerja sama dengan beberapa programmer sangat cerdas. Bos pertama saya tujuh tahun lebih tua, programmer jenius, tapi kurang bisa diandalkan. Saat fokus, dia sangat hebat, tapi hanya fokus 5% waktu. Jadi saya belajar dari dia bagaimana jadi programmer lebih baik, juga pelajaran penting — keandalan lebih penting.

Pembawa acara: Di awal karier Anda selalu terkait trading, misalnya pernah kerja di Bloomberg, juga di Tokyo Stock Exchange. Kini kita bicara meme coin di BNB dan Solana, menurut Anda, seberapa besar perubahan pola trading sejak pertama kali Anda masuk bidang ini?

CZ: Perubahannya sangat besar. Dalam trading keuangan tradisional, bursa biasanya punya data center khusus, melakukan colocation. Pasar saham buka hanya 4–6 jam sehari, ada sesi pagi dan siang, sebelum buka ada auction. Kini, pasar kripto buka 24 jam, setiap menit, setiap detik bisa terjadi transaksi, apalagi trading meme coin lebih sering. Meski teknologi dan konsep dasarnya mirip, konten aktualnya sudah sangat berbeda. Jadi, industri ini memang berubah sangat besar.

Saran untuk Pengembang Muda

Pembawa acara: Jika Anda mulai lagi sekarang, misal Anda 23 tahun, Anda akan fokus di bidang apa? Baik kripto, teknologi lain, atau keuangan. Karena banyak pengguna muda Solana menonton live ini, menurut Anda, bidang apa yang harus mereka fokuskan?

CZ: Saya bisa beri beberapa saran, tapi jangan sepenuhnya meniru saya. Pertama, saya sarankan anak muda ikut wirausaha lebih awal. Meski kerja di kantor juga bagus, peluang sejati biasanya ada di wirausaha. Saya akan lebih awal bergabung startup untuk pengalaman, juga mencoba mendirikan perusahaan sendiri. Tentu, risiko wirausaha tinggi, jadi saat memutuskan harus pertimbangkan skenario terburuk. Jika semuanya gagal, apakah Anda masih bisa bertahan hidup? Itulah kenapa Anda butuh rencana cadangan. Dengan rencana cadangan, mental Anda lebih stabil, wirausaha juga lebih percaya diri.

Tapi, wirausaha juga butuh waktu yang tepat. Jika terlalu dini dan kurang pengalaman, Anda bisa gagal. Jadi, anak muda harus hindari bertindak gegabah, pastikan cukup persiapan dan dukungan.

Pembawa acara: Saya kurang suka narasi "sukses ada batas waktu", seperti tweet terkenal GCR, setelah lulus kuliah hanya punya beberapa tahun untuk mencoba, kalau tidak akan selamanya jadi pekerja. Pola pikir seperti ini bisa membuat orang terburu-buru melakukan "trading heroik", agar tidak jadi pekerja seumur hidup. Bagaimana Anda melihat kecemasan generasi muda soal waktu sukses?

CZ: Sebenarnya, sukses tidak ada batas waktu. Saya contohnya, saya baru mendirikan Binance di usia 40, sekarang saya 48. Dalam 20 tahun karier awal, saya mencoba banyak hal, juga meraih beberapa pencapaian. Saya berkembang dari programmer hebat jadi manajer organisasi besar, tapi itu tidak berarti Anda harus sukses sejak muda.

Faktanya, banyak pendiri sukses bukan orang muda. Statistik menunjukkan, rata-rata usia pendiri biasanya di atas 40. Tentu, proses wirausaha biasanya penuh kegagalan, tapi itu bagian dari pertumbuhan. Saran saya, anak muda bisa mencoba lebih awal, tapi juga harus mengelola risiko, hindari kegagalan besar yang tidak bisa bangkit lagi.

Selain itu, jangan terlalu terburu-buru. Kita pernah lihat beberapa kasus kegagalan, biasanya karena pendiri terlalu ingin cepat sukses. Mereka memang cerdas, tapi mentalnya kurang stabil, akhirnya gagal. Jadi, wirausaha butuh kesabaran dan rencana jangka panjang.

Pembawa acara: Kisah Anda sangat menginspirasi, karena mematahkan stereotip "harus sukses saat muda". Terakhir, bagaimana Anda melihat masa depan media kripto? Untuk hal yang saya lakukan seperti live ini, ada saran? Sebagai perusahaan media di industri kripto, bagaimana bisa sukses?

CZ: Media tradisional sedang menurun, industri ini sedang mengalami perubahan total. Ke depan, media sosial akan jadi arus utama. Di media sosial, akan muncul banyak lembaga media independen, beberapa bisa sangat sukses, punya puluhan juta bahkan ratusan juta pengikut, pengaruhnya besar. Asal Anda fokus pada kualitas konten, peluangnya sangat besar.

Kemunculan kripto juga memungkinkan micropayment. Orang mungkin mau membayar sedikit untuk setiap episode, misalnya 10 sen atau 0,1 sen. Jika audiens Anda cukup besar, model ini bisa menghasilkan pendapatan signifikan. Selain itu, Anda juga bisa menambah pendapatan lewat sponsor transaksi. Saat ini, secara global kurang sumber berita kuat dan kredibel, media tradisional sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan itu.

Pikiran Penutup

Pembawa acara: Sebagai bagian dari industri kripto, tentu saya mendukung kesuksesan Anda di BNB dan proyek terkait lainnya. Terakhir, ada pesan penutup yang ingin Anda bagikan? Misalnya, apa pekerjaan menarik yang sedang Anda lakukan, atau proyek apa yang layak diperhatikan? Apa rencana Anda ke depan?

CZ: Saya tidak punya banyak tambahan, tapi saya ingin bilang, perkembangan industri kripto tidak pernah mulus. Ini bidang penuh tantangan, akan menghadapi berbagai hambatan dan masalah. Tapi, saya yakin pendiri kuat, proyek bagus, dan komunitas solid bisa bersama melewati kesulitan. Masalah pasti muncul, tapi asal kita bekerja sama sebagai satu kesatuan, pasti bisa menemukan solusi.

Dari pengalaman pribadi, saya juga pernah menghadapi banyak kesulitan. Saya pernah mengalami masa kejayaan industri, juga masa surut dan sulit. Tapi saya selalu percaya, asal kita terus melakukan hal yang benar, menjaga integritas, membantu orang lain bukan menyakiti atau menipu, industri ini akan terus maju. Daya tarik kripto ada pada keberagamannya, Anda bisa memilih mengembangkan meme token, utility token, atau security token, setiap bidang punya potensi besar, ini juga keunggulan teknologi kripto.

Sebagai builder, saya selalu percaya pertumbuhan industri tidak lepas dari upaya para builder. Teknologi kripto lebih maju dari teknologi uang tradisional, juga lebih potensial di masa depan. Meski minggu ini industri bergejolak, saya tetap optimis pada masa depan. Jika kita melihat ke belakang, gejolak ini hanya sementara, seiring waktu industri akan makin kuat.

 

Tautan asli

0

Disclaimer: Konten pada artikel ini hanya merefleksikan opini penulis dan tidak mewakili platform ini dengan kapasitas apa pun. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai referensi untuk membuat keputusan investasi.

PoolX: Raih Token Baru
APR hingga 12%. Selalu aktif, selalu dapat airdrop.
Kunci sekarang!

Kamu mungkin juga menyukai

Soros meramalkan gelembung AI: Kita hidup di pasar yang mewujudkan ramalan sendiri

Ketika pasar mulai "berbicara": sebuah eksperimen laporan keuangan dan ramalan AI bernilai triliunan dolar.

BlockBeats2025/11/05 16:03
Soros meramalkan gelembung AI: Kita hidup di pasar yang mewujudkan ramalan sendiri

Para ahli Mengungkap 3 Strategi Cerdas untuk Membeli Altcoin di Tengah Ketakutan Bulan November

Saat ketakutan melanda pasar crypto, para analis mengungkapkan tiga strategi terbukti untuk menentukan waktu masuk altcoin. Para ahli menyarankan untuk fokus pada kekuatan daripada menunggu support break, mengikuti narasi hangat seperti privacy dan ZK coin, serta menunggu langkah selanjutnya dari Bitcoin sebelum beralih ke alt. Kesabaran dan ketelitian tetap menjadi kunci pada bulan November ini.

BeInCrypto2025/11/05 15:45
Para ahli Mengungkap 3 Strategi Cerdas untuk Membeli Altcoin di Tengah Ketakutan Bulan November

Chainlink dan Dinari menghadirkan indeks saham kripto S&P ke onchain

S&P Dow Jones Indices dan Dinari telah mengembangkan indeks kripto baru. Chainlink juga mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka bekerja sama dengan FTSE Russell untuk membawa indeks dan data pasar mereka ke onchain.

The Block2025/11/05 15:44
Chainlink dan Dinari menghadirkan indeks saham kripto S&P ke onchain

Ripple mengumpulkan $500 juta dengan valuasi $40 miliar dalam putaran yang dipimpin oleh Fortress dan Citadel

Quick Take Ripple berhasil mengumpulkan dana sebesar $500 juta dengan valuasi $40 miliar, dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh investor dari Fortress dan Citadel Securities, serta diikuti oleh Galaxy Digital, Pantera, Brevan Howard, dan Marshall Wace. Pendanaan baru ini menyusul tender offer Ripple sebesar $1 miliar dan akuisisi besar senilai sekitar $4 miliar dalam dua tahun terakhir.

The Block2025/11/05 15:44
Ripple mengumpulkan $500 juta dengan valuasi $40 miliar dalam putaran yang dipimpin oleh Fortress dan Citadel